Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya krativitas belajar siswa kelas 3 SDN 273/VI Sungai Putih II khususnya dalam pemeblajaran tema 2. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas 3 SDN 273/VI Sungai Putih II pada Tema 2 menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari dua kali pertemuan tiap siklusnya.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan model Problem Based Learning pada siklus 1 untuk persentase kreativitas siswa berdasarkan kategori cukup kreatif, kreatif, dan sangat kreatif mencapai 76,75% dari keseluruhan 16 siswa. Pada diklus II persentase kreativitas mencapai 84,85%. Dilihat dari rerata skor terjadi peningkatan kreativitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 8,1%.Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Baser Learning dapat meningkatkan Kreativitas belajar siswa tema 2 kelas III SDN 273/VI Sungai Putih II.
Copyrights © 2022