Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Inflasi dan Nilai Tukar Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit (Periode Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19)

Muhammad Fadhil Adityo (Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta University)
Indah Widowati (Unknown)
Heni Handri Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan sebelum dan saat pandemi covid-19 dan menganalisis pengaruh kinerja keuangan, inflasi, dan nilai tukar terhadap harga saham. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Penelitian termasuk dalam studi kasus dengan objek penelitian adalah PT PP London Sumatra Indonesia, PT Provident Agro, PT Salim Ivomas Pratama, PT Sampoerna Agro, PT Sawit Sumbermas Sarana. Sumber data berasal dari data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan uji t berpasangan dan uji Regresi linier berganda. Berdasarkan analisis perbedaan kinerja keuangan dengan uji t berpasangan diketahui Return On Equity dan Earning Per Share memiliki nilai yang rendah sebelum pandemi, sedangkan mengalami peningkatan saat pandemi. Sedangkan Price Earning Ratio tidak ada perbedaan yang signifikan. Berdasarkan uji regresi linier berganda, diketahui secara simultan, kinerja keuangan, inflasi, dan nilai tukar berpengaruh terhadap harga saham. Secara parsial, kinerja keuangan yaitu Return On Equity berpengaruh negatif terhadap harga saham. Namun Earning Per Share, Price Earning Ratio berpengaruh positif terhadap harga saham. Sedangkan inflasi dan nilai tukar tidak berpengaruh terhadap harga saham. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdse

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...