Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada subtema 3 pekerjaan orang tuaku di kelas IV SD Negeri 097319 Siopat Suhu. Hasil belajar merupakan hasil dari interaksi tindak belajar dan mengajar. Rendahnya hasil belajar bisa terjadi karena siswa yang tidak peduli terhadap pembelajaran dan metode mengajar guru yang tidak tepat. Model tipe jigsaw adalah model pembelajaran yang menitikberatkan pada kerja kelompok siswa dalam kelompok kecil. Siswa akan melakukan kegiatan belajar dengan bekerja sama bersama siswa lainnya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan rancangan one-group pretest posttest. Populasi ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 097319 Siopat Suhu. Berdasarkan hasil analisis data pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka diperoleh nilai rata-rata pretes siswa adalah 59,5 dan nilai rata-rata posttest adalah 70,7 serta terlihat nilai thitung>ttabel, dimana 4,828>2,063, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada subtema 3 pekerjaan orang tuaku di kelas IV SD Negeri 097319 Siopat Suhu.
Copyrights © 2022