Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan di Kelas V SDN 097319 Siopat Suhu

Samaria Enjelina Sinaga (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Rio Parsaoran Napitupulu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Yanti Arasi Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V SDN 097319 Siopat Suhu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design. Hasil analisis uji instrument diperoleh bahwa instrumen valid dan reliabel, selain itu dari hasil perhitngan analisis data diperoleh bahwa sampel berditribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V SDN 097319 Siopat Suhu. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t maka dapat disimpulkan hipotesis diterima, yakni sebesar 13,722 lebih besar dari pada yakni 2,064. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti guru, siswa serta para peneliti selanjutnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...