Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pembelajaran Matematika Menggunakan Model PAKEM (Partisifatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar dan Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Rahmi Putri (Universitas Negeri Padang)
Mudjiran Mudjiran (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

PAKEM didasarkan pada gagasan bahwa pengajaran harus berpusat pada siswa untuk mendorong siswa untuk terus belajar sendiri tanpa bimbingan dan tanpa mengalami stres atau ketakutan. Selain itu, pembelajaran yang dilakukan bersifat menyenangkan, dinamis, kreatif, efektif, dan partisipatif (PAKEM). upaya untuk terus menginspirasi anak agar mampu bereksperimen, berkreasi, dan menemukan hal-hal baru dalam pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengatasi kejenuhan belajar dan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model PAKEM maupun non PAKEM. 2) Meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kejenuhan belajar menggunakan model PAKEM dengan yang tidak menggunakan model PAKEM 2) Menggunakan model PAKEM (Partisifatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) peningkatan pemahaman konsep matematis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...