Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 2 Sub Tema 3 Kelas V SDN 122347 Pematangsiantar

Meisy Clarita Simanjuntak (Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar)
Natalina Purba (Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar)
Radode Kritianto Simarmata (Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik Tema 2 sub Tema 3 melalui Model Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 122347 Pematangsiantar dengan Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyaratan dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui model problem based leaning. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan skor, dimana pada pretest diperoleh rata-rata 13% sementara pada posttest diperoleh 87% telah terjadi peningkatan sebesar 74%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa dikatakan cukup efektif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...