Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Air (Auditory, Intellectualy, Repetition) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 2 Subtema 1 Kelas Iv Sdn 122347 Pematangsiantar

Apriyani Apriyani (Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar)
Natalina Purba (Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar)
Radode Kritianto Simarmata (Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan peneliti di SDN 122347 Pematangsiantar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik pada tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi, untuk dapat meningkatkan hasil belajar tersebut dilakukan penerapan Model Air (Auditory, Intellectualy, Repetition). Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kuantitatif.Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Quasy Experimental Design dengan bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest –Posttest Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Tes, Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adanya pengaruh dalam penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 2 subtema 1. Terdapatnya pengaruh dapat dilihat pada hasil belajar siswa terdapatnya peningkatan nilai, dimana pre test diperoleh rata-rata 52%. Sedangkan pada post test di peroleh nilai 86 %. Jadi dapat disimpulkan penerapan Model AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) terdapat nya pengaruh hasil belajar siswa makin meningkat, sedangkan pada pembelajaran konvensional tidak menerapkan model AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) sehingga pembelajaran kurang efektif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...