Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Pembelajaran Subtema Rukun dalam Perbedaan di SD Negeri 121308 Pematang Siantar

Cindy SanazTasya Pasaribu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Nancy Angelia Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Canni Loren Sianturi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran subtema rukun dalam perbedaan di SD Negeri 121308 Pematang Siantar atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini, (1) Ada pengaruh yang signifikan melalui penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 121308 Pematang Siantar (Ha diterima) dan (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan melalui penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 121308 Pematang Siantar (H0 diterima). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 121308 Pematang Siantar yang berjumlah 30 orang. Populasi tersebut dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskripitif dan inferensial. Berdasarkan hasil data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 18,89 dan ttabel 1,699 dengan taraf signifikan 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran subtema rukun dalam perbedaan di SD Negeri 121308 Pematang Siantar. Ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...