Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 2 Subtema 2 Kelas III SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6

Denaya Rifka Purba (Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar)
Natalina Purba (Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar)
Radode Kritianto simarmata (Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengethui pengaruh model Contextual Teaching and learning terhadap hasil belajar siwa tema 2 subtema 2 kelas III SD Negeri 098166 perumnas batu 6. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas III SD Negeri 098166 perumnas batu 6 yaitu sebanyak 21 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posstest yang terdiri dari tema 2 subtema 2 yang membahas tentang Manfaat hewan bagi kehidupan manusia. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis uji-T. hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh model Contextual Teaching and Learning dan hasil belajar siswa dengan nilai r hitung = 0. 951 dan r tabel = 0.433, r hitung > r tabel pada taraf 5% dan n= 21 serta diperoleh r hitung > 8,795 dan r tabel 2,086, t hitung > t tabel pada taraf 5%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...