JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
Vol 6 No 2 (2022): JPPI Volume 6 Nomor 2 Desember 2022

PENGARUH BUDAYA MADRASAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU PADA PONDOK PESANTREN ASH-SHOLIHIN KABUPATEN GOWA.

Nurhikmah Nurhikmah (Unknown)
Husnussaadah Husnussaadah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Budaya Madrasah terhadap Motivasi Kerja Guru di Pondok Pesantren Ash-Sholihin. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah 107 orang. Sample sebanyak 27 orang dengan teknik Probabiliti Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket (questionnaire), teknik analisis data yang digunakan yakni analisis statistik deskriptif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Budaya Madrasah berada pada kategori tiggi dengan frekuensi 11 orang atau 41 %. (2) Motivasi Kerja Guru berada pada kategori sangat tinggi dengan frekuensi 19 orang atau 70 %. (3) Hasil analisis inferensial thitung = 4,863 > ttabel = 2,05 terdapat pengaruh signifikan budaya madrasah terhadap motivasi kerja guru pada Pondok Pesantren Ash-Sholihin Kabupaten Gowa. Kata Kunci: Budaya Madrasah, Motivasi Kerja Guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from ...