Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema gangguan kesehatan pada organ peredaran darah di SD Negeri 122381 Pematangsiantar. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini, (1) ada pengaruh model make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 122381 Pematangsiantar (Ha) dan (2) tidak ada pengaruh yang model make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 122381 Pematangsiantar (Ho). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 122381 Pematangsiantar yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian test dan observasi. Data penelitian di analisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 9,527 dengan taraf signifikansi 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema gangguan kesehatan pada organ peredaran darah di SD Negeri 122381 Pematangsiantar. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Copyrights © 2022