Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah di SD Negeri 122381 Pematangsiantar

Deswenda Armika Saragih (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Nancy Angelia Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Canni Loren Sianturi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema gangguan kesehatan pada organ peredaran darah di SD Negeri 122381 Pematangsiantar. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini, (1) ada pengaruh model make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 122381 Pematangsiantar (Ha) dan (2) tidak ada pengaruh yang model make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 122381 Pematangsiantar (Ho). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 122381 Pematangsiantar yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian test dan observasi. Data penelitian di analisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 9,527 dengan taraf signifikansi 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema gangguan kesehatan pada organ peredaran darah di SD Negeri 122381 Pematangsiantar. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...