Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan di SD Negeri 091496 Tanah Jawa

Try Oktari Siregar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Nancy Angelia Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Canni Loren Sianturi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media pembelajaran visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SD Negeri 091496 Tanah Jawa atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini yaitu, (1) ada pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 091496 Tanah Jawa (Ha) dan (2) tidak ada pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 091496 Tanah Jawa (H_O). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 091496 Tanah Jawa yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil t_hitung sebesar 8,31 dan t_tabel 2,045 dengan taraf signifikansi 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh media visual terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SD Negeri 091496 Tanah Jawa. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...