SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 4, No 3 (2022)

Analisis Retail Promotional Mix Dan Pengaruhnya Terhadap Impuls Buying Serta Peranan Gender Sebagai Moderator Pada Marketplace Di Indonesia

Farah Oktafani ((Orc ID : https://orcid.org/0000-0003-0155-2555) (Sinta ID : 6675772) STIE Amkop Makassar)
R. Nurafni Rubiyanti (Unknown)
Trisha Gilang Saraswati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Abstrak E-Commerce menggunakan strategi pemasaran yang tercakup dalam Retail Promotional Mix yang terdiri dari unsur Advertising dan Sales Promotion untuk membantu meningkatkan impulse buying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan faktor-faktor yang mempengaruhi Impulse Buying pada Marketplace di Indonesia berdasarkan Gender, hal ini penting dilakukan dan dianalisis untuk melihat kepekaan jenis kelamin terhadap usaha-usaha promosi yang dilakukan oleh para E-Commerce agar tujuan dari kegiatan promosi dapat dicapai dengan baik. Bauran promosi adalah elemen-elemen utama komunikasi yang dikendalikan oleh pemasar, termasuk periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan tatap muka, dan pemasaran langsung. Impulse buying dapat diartikan sebagai pembelian tiba-tiba dan langsung yang tidak direncanakan, yang terjadi setelah mengalami dorongan spontan untuk membeli. Sedangkan impulse buying online dapat diartikan sebagai pembelian tiba-tiba dan lansung tanpa niat membeli sebelumnya, yang terjadi setelah mengalami dorongan untuk membeli dan kecenderungan untuk spotan, dikendalikan emosi dan tanpa banyak pertimbangan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena menggunakan teknik pengumpulan data yang dapat dihitung menggunakan Teknik statistic. Penelitian ini juga disajikan secara deskriptif untuk memahami karakteristik konsumen terhadap faktor yang mempengaruhi impulse buying. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang diperoleh dari perhitungan populasi dan sample. Kata Kunci: Gender, Retail promotion mix, Impulse buying, Marketplace

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...