Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Hubungan Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Pada Tema 1 Subtema 2 Kelas IV SDN. 091505afdeling C. Balimbingan T.A 2022/2023

Daniel Pranata Sihombing (Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar)
Natalina Purba (Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar)
Radode Kristianto simarmata (Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2022

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN. 091505 Afdeling C. Balimbingan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN. 091505 Afdeling C Balimbingan. Sampel dalam penelitian yaitu kelas IV, dengan jumlah 30 siswa. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan random sampling atau sampel acak. Instrument penelitian ini untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa digunakan angket dengan butir soal dan koefisien reliabilitasnya 0,938. Uji normalitas dengan uji Liliefors dan teknik analisis data adalah korelasi product moment dan korelasi ganda pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian pada taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan antara disiplin belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar tematik siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...