Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan di SD Negeri 121309 Pematangsiantar atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini yaitu, (1) ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SDN 121309 Pematangsiantar (H1) dan tidak ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SDN 121309 Pematangsiantar (HO). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 121309 Pematangsiantar yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 10,655 dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SD Negeri 121309 Pematangsiantar. Ini berarti H1 diterima dan HO ditolak.
Copyrights © 2022