Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Sub Tema 1 di Kelas IV SD Negeri 091263 Karang Sari

Dea Fauziah (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Natalina Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Radode K Simarmata (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 3 Sub Tema 1 Di Kelas IV SD Negeri 091263 Karang Sari Tahun Ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental (pra-eksperiment design) yang terdiri dari kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan sampel yang digunakan adalah 23 orang siswa pada sd negeri 091263 karang sari. Tenik sampel yang digunakan yaitu sampling random dengan dua variabel penelitian yaitu : variabel terikat berupa hasil belajar siswa, serta variabel bebas berupa model dicovery learning. Teknik pengumpuan data yaitu teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunkan teknik uji t paried sample t tes dengan bantuan program spss versi 28, berdsarkan hasil perhitungan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,5 sehingga Ho di terima dan H1 di tolak atau dengan membandingkan thitung>ttabel dengan df = (n-1) yaitu nilai thitung= 0,96 >ttabel = 0,4. Dapat disimpulkan ada Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 3 Sub Tema 1 Di Kelas IV SD Negeri 091263 Karang Sari Tahun Ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...