Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap hasil belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Subtema Pekerjaan Orangtuaku di SD Negeri 122350 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022 / 2023. Terdapat dua hipotesis dalam penelitian ini, yaitu, (1) Terdapat pengaruh strategi belajar metakognitif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema pekerjaan orangtuaku di SD Negeri 122350 Pematang Siantar (H1) dan (2) tidak terdapat pengaruh strategi belajar metakognitif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema pekerjaan orangtuaku di SD Negeri 122350 Pematang Siantar (HO).Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre- Eksperimental Design yang menggunakan desain penelitian one group Pretes- Postest. Populasi dari penelitian ini, yaitu seluruh siswa di SD Negeri 122350 Pematang Siantar, yaitu siswa kelas I sampai siswa kelas VI, dan sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV 35 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pretest dan posttest. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menngunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 6,984 dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema pekerjaan orangtuaku di SD Negeri 122350 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022 / 2023. Jadi ini berarti bahwa H1 diterima dan Ho ditolak.
Copyrights © 2022