Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Subtema Pekerjaan Orangtuaku di SD Negeri 122350 Pematang Siantar

Arlina Aminarty Sitinjak (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Nancy Angelia Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Canni Loren Sianturi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap hasil belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Subtema Pekerjaan Orangtuaku di SD Negeri 122350 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022 / 2023. Terdapat dua hipotesis dalam penelitian ini, yaitu, (1) Terdapat pengaruh strategi belajar metakognitif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema pekerjaan orangtuaku di SD Negeri 122350 Pematang Siantar (H1) dan (2) tidak terdapat pengaruh strategi belajar metakognitif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema pekerjaan orangtuaku di SD Negeri 122350 Pematang Siantar (HO).Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre- Eksperimental Design yang menggunakan desain penelitian one group Pretes- Postest. Populasi dari penelitian ini, yaitu seluruh siswa di SD Negeri 122350 Pematang Siantar, yaitu siswa kelas I sampai siswa kelas VI, dan sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV 35 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pretest dan posttest. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menngunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 6,984 dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema pekerjaan orangtuaku di SD Negeri 122350 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022 / 2023. Jadi ini berarti bahwa H1 diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...