Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 091505 AFD. C Balimbingan

Husni Husni (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Natalina Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Radode Kristianto Simarmata (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 091505 Afd. C Balimbingan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuanitatif bersifat korelasi atau hubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 30 siswa. Anggota sampel dalam penelitain ini ada seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui sebanyak N=30. Corelasi dilihat bahwa besar hubungan antara variabel Motivasi belajar dengan hasil belajar adalah 0,854 hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif. Dengan nilai rhitung yang diperoleh yaitu 0,854, sedangkan r tabel pada taraf signifikan 5% 0,361. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa rhitung lebih besar dari pada r tabel. Karena r hitung > r tabel, maka H1 diterima dan Ho ditolak sehingga dapat terbukti kebenarannya. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa terdapat Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 091505 Afd. C Balimbingan. Kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar tematik siswa pada tema 1 sub tema 1 kelas V SD Negeri 091505 Afd. C Balimbingan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...