Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 102034 Gempolan T.A 2022/2023

Desrani Saragi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Natalina Purba Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Radode Simarmata (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan penerapan pengaruh penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 102034 Gempolan. Diharapkam setelah dilakukan penelitian ini maka keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa meningkat. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian eksperimen dan bentuk penelitian yang digunakan adalah bentuk quasi experimen (quasi experimental design). Dimana kelas experimen adalah kelas Va dan kelas kontrol yaitu Vb. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V SDN 102034 Gempolan dan teknik pengambilan data yaitu berupa tes preetest dab test post-test. Teknik analisi data yang digunakan adalah uji t melalui persyarat analisis analisis uji normalitas dan uji homoginitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa media manipulatif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 102034 Gempolan. Hal ini ditunjukkan dengan siswa kelas eksperimen yang mendapatkan nilai rata-rata pre-test 43,3 yang menunjukkan kemampuan awal siswa. Kemudian setelah diberi perlakuan pembelajaran dengan media manipulatif nilai rata-rata post-test menjadi 68,76. Pembelajaran matematika dengan menggunakan media manipulatif lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media manipulatif. Selain itu hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada data post-test tersebut maka diperoleh nilai thitung = 17,12 dengan (dk) =n1 + n2 – 2 = 30 + 30 – 2 = 58 dan ?=0,025 maka diperoleh nilai ttabel = 2,001.Karena 17,12 berada di luar interval - 2,001?thitung? 2,001, maka Hoditolak, dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...