Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 102034 Gempolan 2022/2023

Yesi Affriani Silalahi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Natalina Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Radode Kristianto Simarmata (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Matematika Siswa Kelas IV SDN 102034 Gempolan. Diharapkan setelah dilakukan penelitian ini maka keaktifan siswa dalam proses kemandrian dan hasil belajar Matematika siswa meningkat. Jenis Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian Korelasi dan bentuk Penelitian yang digunakan adalah Metode Kuantitatif. Dimana Kelas Korelasi adalah kelas IV SD. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan dan teknik pengambilan data yaitu berupa Angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t melalui prasyarat analisis uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar Berhubungan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan tahun ajaran 2022/2023. Hal ini ditunjukkan oleh hubungan yang Positif antara kemandirian belajar (X) dengan hasil belajar matematika siswa (Y) kelas IV SD Negeri 102034 Gempolan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,040 dan t_hitung= 1,075>t_tabel = 2,242, untuk ? = 0.05 Hal ini menunjukkan semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar matematika yang dicapai oleh siswa, sebaliknya jika tingkat kemandirian belajar siswa rendah maka hasil belajar matematika yang diperoleh siswa juga akan rendah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...