Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Kedisiplinan Siswa SMA Negeri 15 Medan

Rina Suryani (Universitas Negeri Medan)
Dona Marito (Universitas Negeri Medan)
Luthfi Azzahra (Universitas Negeri Medan)
Masdalifah Harahap (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja guru bimbingan dan konseling terhadap perilaku siswa SMA Negeri 15 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Stratified random sampling digunakan untuk membuat sampel sebanyak 72 responden, secara proporsional pengambilan sampel setiap subpopulasi menurut tingkatannya. Metode pengumpulan data primer menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 72 siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 15 Medan. Selain itu, menggunakan pendekatan wawancara dan dokumentasi sebagai bukti tambahan untuk mendukung jawaban kuesioner. sumber daya internal Kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling terlibat dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, perilaku siswa di SMA Negeri 15 Medan dipengaruhi oleh kinerja guru, bimbingan dan konseling. Berdasarkan pengolahan data dan hasil perhitungan SPSS Versi 23 diperoleh hasil uji statistik T untuk Thitung sebesar 5,115 dan Ttabel sebesar 1,997, dengan nilai signifikansi 0,000 dan syarat uji jika Thitung > Ttabel maka Ho ditolak, dan jika signifikansi 0,05, maka Ho ditolak Ha. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa konseling dan keefektifan guru bimbingan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perilaku siswa. Kinerja instruktur bimbingan dan konseling diakui memiliki pengaruh 27,2% terhadap kedisiplinan murid dalam perhitungan koefisien determinasi. Sementara penyebab tambahan yang tidak diteliti mempengaruhi sisa 72,8% dari populasi. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, kinerja instruktur bimbingan dan konseling di SMA Negeri 15 Medan berpengaruh signifikan terhadap perilaku siswa. Hal ini terlihat dari upaya yang dilakukan instruktur bimbingan dan konseling di SMA Negeri 15 Medan dalam menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan kedisiplinan siswa dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...