Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 095196 Moho Bah Jambi

Rosalinda Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Nancy Angelia Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Lisbet N. Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kreativitas Belajar. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan metode Ex Post facto. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner sebanyak 30 butir dengan menggunakan skala Likert yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas. Untuk melihat pengaruh profesional guru terhadap kreativitas belajar siswa maka penting untuk menghitung uji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus korelasi dari pearson bentuk yang ke tiga. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi antar profesional guru dengan kreativitas belajar siswa () sebesar 0,84 dan signifikansi korelasi () sebesar 8,20 jika dibandingkan dengan nilai sebesar 1,96 pada taraf signifikan 0,05 maka (8,20 > 1,96) sehingga nilai tersebut signifikansi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kreativitas belajar siswa di kelas V SD Negeri 095196 Moho Bah Jambi Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...