Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Kelas V SD Negeri 124394 Pematangsiantar

Yosua Nagara Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Jumaria Sirait (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Yanti Arasi Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran kooperative Tipe Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Kelas V UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar sebanyak 22 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes pretest dan tes posttest yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar siswa pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Kelas V UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan analisis data nilai posttest dengan menggunakan uji-t di dapat thitung > ttabel yaitu dengan nilai 4.736>1.717 maka Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperative tipe take and give terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Kelas V UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...