Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Hakikat dan Tujuan Pendidikan dalam Islam: Konsep Tarbiyah, Ta’lim, dan Ta’dib

Ferren Audy Febina Sitompul (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Meisyah Nurliza Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nadhirotul Jannah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Mardinal Tarigan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2022

Abstract

Manusia merupakan makhluk Allah yang diperlukan dikarenakan memenuhi tanggung jawab sebagai pemimpin di muka bumi ini. Pendidikan islam merupakan salah satu yang membentuk suatu Al-Tarbiyah, Al-Ta’dib maupun Ta’lim. Maka dari ketiga tersebut yang sering di pakai ialah Al-Tarbiyah dikarenakan kata tersebut memiliki makna maupun makna dasarnya yang untuk menyatakan pertumbuhan, kedewasaan dan perkembangan, Mmemelihara, mengadaptasi, dan mendukung pendidikan yang didefinisikan sebagai upaya untuk menciptakan sumber informasi yang sangat bermanfaat. Karena pendidikan mencakup seluruh aspek kehidupan manusia, baik pemikiran maupun pengalaman. Oleh karena itu, esensi pendidikan adalah membekali umat manusia dengansebuah keterampilan maupun pengetahuan yang cukup baik itu tentang bentuk maupun angka. Maka dari pendidik maupun mendidik pada dasarnya merupakan fungsi ilahi, karena Al-Qur'an menegaskan bahwa Allah adalah Aramin Rabar dan Rabbi berarti pendidik alam semesta, pendidik umat manusia. Mengembangkan kepribadian manusia (siswa) melalui pelatihan spiritual, rasional, emosional dan spiritual.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...