Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Membaca Bahasa Indonesia Kelas II di SD Negeri 091446 Saribujawa

Rahmat P Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Natalina purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Radode Kristianto Simarmata (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi membaca bahasa Indonesia kelas II di SD Negeri 091446 Saribujawa. Tujuannya untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi literasi membaca bahasa Indonesia kelas II di SD Negeri 091446 Saribujawa. Jumlah Sampel yang di teliti 23 siswa, 11 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Faktor internal yang menyebabkan rendahnya minat membaca siswa kelas II SD Negeri 091446 Saribujawa yaitu: a) Kemampuan siswa memahami isi bacaan meliputi 47,82% siswa yang tidak lancar membaca, Dan 57,17% siswa masih kesulitan memahami apa makna yang terkandung dalam bacaan. 2) Faktor eksternal yang menyebabkan rendahnya minat membaca siswa kelas II SD Negeri 091446 Saribujawa yaitu: a) Lingkungan sekolah di SD Negeri 091446 belum mendukung untuk mengembangkan minat baca siswa. b) Perpustakaan sekolah yang menyatu dengan kantor guru. c) Keterbatasan buku/bahan bacaan menjadi d) Peran guru kurang maksimal. e) Lingkungan keluarga siswa kurang mendukung, disebabkan kurangnya dorongan orang tua. f) Siswa terpengaruh karena perkembangan teknologi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...