Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Implementasi Filsafat Pendidikan Idealisme di Sekolah Dasar

Mega Krisdiana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Siti Malihah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sholeh Hidayat (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ratna Sari Dewi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi filsafat pendidikan idealisme di sekolah dasar. Filsafat pendidikaan idealisme dianggap sebagai solusi untuk berbagai permasalahan yang terjadi pada dunia pendidikan khususnya pada karakter peserta didik dan kemampuan sosialnya. Melalui metode deskriptif kualitatif, peneliti akan mendeskripsikan dan menjelaskan secara terperinci berdasarkan studi literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini akan membahasnya melalui beberapa beberapa pandangan diantaranya adalah, pandangan tentang hakikat pendidikan dan tujuan pendidikan untuk membangun karakter peserta didik dan kemampuan sosialnya, pandangan tentang pendidik yang harus menjadi guru yang unggul dalam intelektual dan kehidupan sosialnya, pandangan tentang peserta didik yang bebas untuk mengembangkan moral dan intelektualnya sesuai dengan kemampuan peserta didik , kurikulum dan metode pembelajaran yang disusun untuk bisa menstimulus kemampuan peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...