Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Peranan Guru dalam Pelaksanaan Shalat Jama’ah di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan

Indah Sahayu Putri (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)
Fauzan Fauzan (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurang berperannya guru dalam pelaksanaan shalat berjama’ah di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan, oleh karena itu siswa masih ada yang bermain-main saat jam pelaksanaan shalat berjama’ah dan bahkan ada siswa yang tidak mengikuti pelaksanaan shalat berjama’ah di masjid sekolah. Contohnya saat bel untuk shalat berjama’ah berbunyi siswa tersebut tidak ke masjid sekolah akan tetapi siswa tersebut berbelok kea rah kedai yang ada di sekitar sekolah dan bahkan juga ada yang pulang ke rumah nya untuk makan dan shalat sendiri di rumah. Maksud dari judul ini ialah penelitian menjelaskan bagaimana peranan guru dalam pelaksanaan shalat berjama’ah di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan. Penelitian ini yang bersifat penelitian lapangan, (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dalam Penelitian ini penulis menggambarkan masalah dilapangan sesuai dengan fakta-fakta yang penulis temukan dilapangan. Dalam penelitian ini penulis menggambarkan Peranan Guru Dalam Pelaksanaan Shalat Berjama’ah Di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan informan yang berkaitan dengan Pelaksanaan Shalat Berjama’ah. Hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan (1) Pengawasan guru terhadap pelaksanaan shalat berjama’ah di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan, ialah kurangnya pengawasan dari guru sehingga ada siswa yang tidak melaksanakan shalat berjama’ah di masjid sekolah. (2) Pengamatan guru terhadap pelaksanaan shalat berjama’ah di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan, ialah sangat kurang pengamatan guru sehingga masih ada siswa yang bermain-main saat shalat berjama’ah di masjid sekolah. (3) Keteladanan guru terdahap pelaksanaan shalat berjama’ah siswa di MAS Tarbiyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan, ialah belum ada yang bisa memberikan keteladanan dalam pelaksanaan shalat berjama’ah dikarenakan guru-guru sangat jarang mengikuti shalat berjama;ah bersama dengan siswa di masjid sekolah. (4) Hukuman terhada yang tidak melaksanakan shalat ber’ama'ah di MAS Tarniyah Islamiyah Koto Tuo Kumpulan, hukuman yang diberikan kepada siswa yang tidak melaksanakan shalat berjama’ah kurang memberikan efek jera kepada yang melanggar sehingga siswa masih ada rasa ingin untuk mengulangi kesalahan dan tidak melaksanakan shalat berjama;ah di masjid sekolah lagi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...