Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2021/2022

Yosefin Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Binsar Tison Gultom (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Pematang Siantar tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Sehingga, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 176 responden. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan dan berpengaruh negatif antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII, dimana thitung variabel pola asuh orang tua sebesar 2,000 > dari ttabel sebesar 1,973 dengan taraf signifikansi 0,047 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Ha1 diterima dan H01 ditolak. (2)Terdapat hubungan yang signifikan dan berpengaruh positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII, dimana thitung variabel motivasi belajar sebesar 3,328 > dari ttabel sebesar 1,973 dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Ha2 diterima dan H02 ditolak. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII, dimana Fhitung sebesar 9,275 > dari Ftabel sebesar 3,05 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Ha3 diterima dan H03 ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...