Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dan korelasi. Kegiatan belajar mengajar membutuhkan kreativitas dalam memberikan pembelajaran sehingga mampu menarik minat belajar siswa. Penelitian ini untuk mencari hubungan antara kreativitas belajar guru dan minat belajar.engambilan data menggunakan Total Quota sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Ratahan dengan 60 responden pada siswa kelas V yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kreativitas mengajar guru dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu kreativitas mengajar guru dan variabel terikat minat belajar siswa. Kuesioner yang digunakan diadaptasi dari kuesioner Saptyonadi (2017). Hasil dari nilai rata-rata yaitu 4.80 dan pearson correlation 0.673 didapati bahwa tingkat kreativitas mengajar guru tinggi dan minat belajar siswa tinggi ini berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara kreativitas mengajar guru dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian ini maka, hipotesa menunjukkan para guru dalam memberikan pembelajaran Matematika untuk tetap menggunakan kreativitas dalam pembelajaran sehingga dapat menigkatkan minat belajar siswa.
Copyrights © 2022