Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Exploring Self-Directed Learning (SDL) Experience in English Grammar of High School Students during New Normal Era

Sheryn Luckyta Firdausy (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Fauzi Miftakh (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Mansyur Srisudarso (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman siswa kelas 12 dalam pembelajaran tata bahasa secara mandiri. Data diambil dari 6 siswa di SMAN 1 Karawang semester I tahun ajaran 2022/2023. Pendekatan kualitatif digunakan dalam melakukan penelitian ini. Hasil yang diperoleh berdasarkan wawancara semi terstruktur dan instrumentasi kerangka naratif dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 9 konsep kunci yang dibuat oleh Oswalt (2003) dibagi menjadi 3 kelompok besar; situasi belajar yang mengandung kemungkinan, dukungan, dan kerjasama, kemudian atribut siswa yang meliputi proses SDL, kemauan, dan isi. Hal ini menunjukkan dengan menggunakan berbagai media yang selain dari guru memberi, membantu mereka mengalami proses belajar yang lebih menyenangkan dari biasanya. Dan selanjutnya, siswa menjadi sadar bahwa metode dan media pembelajaran yang tepat dan menarik berperan sangat penting dalam membantu mereka memahami materi grammar. Dan temuan lain menunjukkan bahwa ada satu siswa yang berada pada tingkat satu keterampilan SDL, satu siswa pada tingkat 2, dan sisanya empat siswa pada tingkat tiga. Sebagai rekomendasi, penulis menyarankan pada penelitian selanjutnya untuk menambahkan instrumen tes dalam menemukan tingkat keterampilan siswa SDL dengan tujuan membuat penelitian lebih baik dan lebih dapat diverifikasi.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...