Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 42 Pontianak Kota. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi exsperimental design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas I SDN 42 Pontianak Kota yang berjumlah 58 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu mengambil seluruh siswa kelas I. Teknik pengumpulan data menggunakan cara pretest dan posttest. Alat pengumpul data berupa tes bacaan membaca secara lisan. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS versi 25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas kontrol atau kelas tanpa perlakuan sebesar 69,50 sedangkan nilai rata rata kelas eksperimen atau kelas yang diberi perlakuan sebesar 78,33. Dilihat dari perbandingan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan kartu kata berpengaruh dalam keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 42 Pontianak Kota.
Copyrights © 2022