Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan teknik meja bundar mempengaruhi kemampuan menulis teks laporan. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Siswa SMA Negeri 2 Bandar kelas sepuluh selama tahun pelajaran 2022–2023 dijadikan sebagai sampel penelitian. Setiap kelas memiliki 35 siswa, dengan X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelompok kontrol. Siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 2 Bandar terbukti secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis teks laporan mereka ketika mereka menggunakan teknik meja bundar. Selisih antara kelompok kontrol dan eksperimen adalah 84, atau rata-rata 2,4 poin. Uji t (2,9) > t tabel (1,667) pada taraf signifikansi 5% untuk uji dua sisi, sesuai dengan hipotesis pengujian. Hal ini terbukti bahwa teknik meja bundar memiliki dampak yang besar pada tulisan siswa, khususnya dalam materi laporan.
Copyrights © 2022