Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Landasan Sosiologis-Antropologis dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar

Mafdurotul Goliah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Miftahul Jannah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sholeh Hidayat (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ratna Sari Dewi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Pembentukan karakter peserta didik tidak dapat dipisahkan dari landasan sosiologis-antropologis. Karena kebudayaan berlandaskan sosiologi merupakan salah satu pembentuk kepribadian siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana landasan sosiologis-antropologis dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. Penulisan ini menggunakan desain penulisan telaah dokumen. Sumber data sekunder merupakan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini. Buku dan laporan ilmiah primer atau asli yang diterbitkan dalam artikel atau jurnal merupakan sumber data sekunder yang dikutip. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini ialah melalui kajian pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam kajian literatur ini terdiri dari 4 tahapan, yakni : 1) Pencarian literatur yang relevan, 2) Analisis data, 3) klasifikasi/Pemilihan data, 4) Penarikan Kesimpulan. Artikel ini menunjukan betapa pentingnya memanfaatkan landasan sosiologis-antropologis yang merupakan salah satu kontribusi terpenting bagi pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...