Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 5, No 4 (2022): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Study Of Implementation Of Flood Risk Management (FRM) To Minimize The Impact Of Damage Caused By Flood Disaster Risk In A Region: Literature Review

Dannis Ni’matussyahara (Unknown)
Chatarina Muryani (Unknown)
Pipit Wijayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Banjir merupakan sebuah fenomena yang sering melanda hampir seluruh negara di dunia. Sebanyak 313 bencana alam besar (tidak termasuk penyakit epidemi) terjadi di seluruh dunia pada tahun 2020 yang melanda 123 negara. Di antara total 313 bencana ini sebanyak 193 kasus disebabkan oleh banjir. Penyebabnya beranekaragam berupa klasifikasi faktor alam dan juga faktor antropogenik. Metode atau pendekatan yang digunakan pada artikel ini berupa study pustaka dari beberapa literatur jurnal international. Berdasarkan data yang diperoleh, bencana banjir memberikan dampak yang sangat besar di bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan pada wilayah terdampak. Untuk mengurangi dampak kerusakan dan kerugian akibat banjir tersebut beberapa negara di dunia menerapkan teknik mitigasi berupa Flood Risk Management (FRM). Hasil penelitian ini adalah Flood Risk Management sangat efektif dalam meminimalisir dampak banjir dengan langkah-langkah struktural dan non-strukturalnya. Pengetahuan mengenai tindakan Flood Risk Management ini perlu diketahui masing-masing pihak dan juga masyarakat agar dampak banjir dapat dikendalikan bersama.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...