Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Karya Batik Jumput Teknik Ikat Kelas V Sd Negeri Gayamsari 02 Semarang

Galih Tri Mulyani (Universitas PGRI Semarang)
Singgih Adhi Prasetyo (Universitas PGRI Semarang)
Ari Widyaningrum (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Tujuan untuk mengetahui hasil karya batik jumput siswa kelas V SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif, karena riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Instrumen Penelitian dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji Keabsahan Data peneliti mengecek ulang informasi kepada sumber data. Berdasarkan analisis hasil karya batik jumput siswa kelas V SD Negeri Gayamsari 02 Semarang diketahui bahwa terdapat 7 siswa yang menggunakan teknik ikatan mawar, 2 siswa menggunakan teknik ikatan mawar berganda, 6 siswa menggunakan teknik ikatan mawar berbelit, 3 siswa menggunakan teknik ikatan garis, dan 2 siswa menggunakan teknik ikatan penggumpalan. Teknik ikatan yang paling banyak digunakan adalah teknik ikatan mawar. Adapun hasil pewarnaan kain batik sebagian besar sudah bagus yakni 11 siswa sudah dapat menghasilkan batik jumputan dengan warna yang nyata, sedangkan hasil pewarnaan 9 karya batik siswa lainnya belum merata. Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan adalah siswa hendaknya meningkatkan kemampuan dalam berkarya batik jumput, dan mengembangkan kreativitas dalam berkarya batik jumput, guru diharapkan dapat membantu siswa mengenal batik jumput lebih mendalam agar detail-detail motif yang diciptakan lebih bagus, dengan adanya kegiatan mengenal batik jumput juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...