Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Dosen Pembimbing Akademik

Amirul Aziz (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muhammad Arief Rizki Panjaitan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sofyan Luthfi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muhammad Putra Dinata Saragi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Mahasiswa dalam menjalani perkuliahan pasti selalu menemukan masalah baik akademik maupun non akademik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh manakah kebutuhan mahasiswa terhadap Dosen Pembimbing Akademik serta faktor kendala mahasiswa ketika berjumpa Dosen Pembimbing Akademik di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas Bimbingan Penyuluhan Islam-C (BPI-C) Stambuk 2020.Metode pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi dan wawancara langsung dengan responden yang berada di kelas.Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa banyak mahasiswa yang enggan menjumpai Dosen Pembimbing Akademik nya, hal ini dikarenakan dua faktor yaitu internal seperti rasa malas, kurangnya motivasi dan faktor eksternal seperti dosen yang sibuk dan susah dijumpai. Menindak lanjuti temuan pada penelitian ini, maka pemberdayaan dosen pembimbing akademik harus lebih dioptimalkan melalui evaluasi layanan bimbingan, serta penyuluhan ke mahasiswa tentang pentingnya peran Dosen Pembimbing Akademik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...