JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology
Vol. 5 No. 2 (2022): JEMST Vol 5 No 2 2022

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Open ended

Depita Loka (Unknown)
Sujinal Arifin (Unknown)
Harisman Nizar (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD menggunakan pendekatan Open Ended pada materi segi empat yang valid, praktis dan Efek Potensial. Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 03 Tebing Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE dimana metode penelitian pengembangan yang terdiri dari tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementasion) dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah 33 orang siswa yang terdiri dari 6 orang siswa skala kecil dan 27 orang siswa dalam skala lapangan. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan adalah : (1) Menghasilkan LKPD yang valid dengan melihat komentar dan saran validator dengan nilai kevalidannya sebesar 3,70. (2) Menghasilkan LKPD yang praktis dilihat dari lembar angket dengan nilai kepraktisannya sebesar 0,79 untuk skala kecil dan 0,61 untuk skala lapangan. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan ini dapat dinyatakan valid dan praktis berdasarkan komentar dan saran validator serta uji coba skala kecil dan skala lapangan. Kata kunci: Pengembangan, LKPD, Pendekatan Open Ended

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jemst

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology are novelty, quality, and general interest in research and studies of Education. JEMST is a journal that contains the results of research and studies in Mathematics Education: topics of didactic development research (DDR), research ...