Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD menggunakan pendekatan Open Ended pada materi segi empat yang valid, praktis dan Efek Potensial. Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 03 Tebing Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE dimana metode penelitian pengembangan yang terdiri dari tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementasion) dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah 33 orang siswa yang terdiri dari 6 orang siswa skala kecil dan 27 orang siswa dalam skala lapangan. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan adalah : (1) Menghasilkan LKPD yang valid dengan melihat komentar dan saran validator dengan nilai kevalidannya sebesar 3,70. (2) Menghasilkan LKPD yang praktis dilihat dari lembar angket dengan nilai kepraktisannya sebesar 0,79 untuk skala kecil dan 0,61 untuk skala lapangan. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan ini dapat dinyatakan valid dan praktis berdasarkan komentar dan saran validator serta uji coba skala kecil dan skala lapangan. Kata kunci: Pengembangan, LKPD, Pendekatan Open Ended
Copyrights © 2022