Self Instruction untuk menurunkan stress akademik pada siswa di masa pandemi Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh teknik self Instruction untuk menurunkan stress akademik pada siswa di masa pandemi Covid 19. Proses penelitian dilakukan dengan menggunakan pretest- posttest control group design sebagai pola eksperimennya karena kelompok tersebut dibandingkan tingkat stress akademik siswa antara sebelum dan sesudah treatmen teknik self instruction diberikan kepada kelompok eksperimen yang akan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Sampel penelitiannya ditentukan dengan menggunakan teknik sampling purposive yaitu siswa MTsN Kota Palopo yang memiliki kategori stres akademik sedang hingga tinggi. Teknik pengumpulkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner model skala likert tentang stress akademik meliputi gejala kognitif, gejala perilaku, gejala fisiologis dan gejala emosional. Teknik analisis data yang akan digunakan adalah uji deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa secara umum, teknik self-instruction dapat digunakan untuk menurunkan tingkat stres akademik siswa. Secara khusus, kemampuan merubah pikiran, perasaan, dan kodisi fisik yang negatif menjadi lebih positif dari pada sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan teknik self-instruction. Hasil penelitian yakni terjadi penurunan perasaan terbebani oleh subjek sebesar 3,8%, terjadi penurunan perasaan terbebani oleh subjek sebesar 3,7%, terjadi penurunan jumlah subjek yang mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi selama belajar di masa pandemic covid 19 sebesar 4,4%, serta terjadi penurunan jumlah subjek penelitian yang merasa tertekan selama belajar di masa pandemic covid 19 dengan adanya tuntutan berprestasi oleh kedua orang tua sebesar 1,3%.
Copyrights © 2022