Perkembangan kognitif salah satu aspek perkembangan yang berperan penting dalam pendidikan anak usia dini. Adapun yang menjadi permasalahan peneliti adalah kemampuan kognitif anak belum optimal dalam menyebutkan angka 1-10 saat ditunjuk lambang bilangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan pengaruh penggunaan media balok angka terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di RA Perwanida 2 Palembang. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kelas eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah “one group pretest posttest design”. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipasi, teknik tes dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji validasi, uji realibilitasi, uji normalitas uji homogenitas, serta uji hipotesis. Adapun hasil penelitian bahwa ada perbedaan sebelum dan setelah menggunakan media balok angka anak sudah mampu menyebutkan angka 1-10, mengurutkan angka 1-10. Dengan menggunakan media balok angka dapat memudahkan anak dalam proses pembelajaran mengenal angka.
Copyrights © 2022