Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Porto Folio Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar

Elisasmita Elisasmita (Universitas Negeri Padang)
Desyandri Desyandri (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 21 Koto Tuo. Hal ini disebabkan yakni pada perencanaan pembelajaran guru kurang mengembangkan penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan serta dalam pelaksanaan pembelajaran guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran seperti mulai dari menemukan masalah yang menjadi pokok bahasan sampai pada pemecahan masalah. Akibatnya peserta didik kurang memahami materi pembelajaran dan kurang mendapatkan pengalaman-pengalaman belajar sehingga hasil belajar peserta didik kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Portofolio di Kelas V SDN 21 Koto Tuo. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif . Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model portofolio dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 21 Koto Tuo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...