Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan bahasa isyarat sebagai komunikasi nonverbal dalam meningkatkan pemahaman tentang Pendidikan Agama Islam pada anak penyandang tunawicara di SLB B Karya Ibu Palembang. Metodelogi penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung kepada guru, siswa-siswi dan pihak yang terkait di SLB B Karya Ibu Palembang. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif yaitu pendekatan secara langsung dengan mengumpulkan data-data dan mencari informasi mengenai Pendidikan Agama Islam pada anak tunawicara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi nonverbal, yaitu komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung, melainkan dengan cara bahasa isyarat. Hasil penelitian ini adalah bahasa isyarat sebagai proses komunikasi antara guru dan siswa, saat memaparkan materi guru akan menggunakan metode demonstrasi yang artinya menggunakan peragaan seperti dengan cara ceramah, tanya jawab, menggunakan media seperti menampilkan video, audio, dan gambar-gambar. Dengan cara seperti itu, maka dapat memudahkan siswa dalam meningkatkan pemahaman tentang Pendidikan Agama Islam. Materi yang disampaikan dalam Pendidikan Agama Islam seperti membaca dan memahami Al-Qur’an, praktek ibadah sholat, akhlak, aqidah, serta mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam.
Copyrights © 2022