Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin
Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin

Pengaruh Media Interaktif oleh Tutor Sebaya terhadap Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja di SMA

Yasinta Dewi Kristianti (Universitas Mohammad Husni Thamrin)
Sulaiman Metere (Universitas Mohammad Husni Thamrin)
Trisna B. Widjayanti (Universitas Padjajaran)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Masalah kesehatan reproduksi remaja merupakan masalah utama bagi kesehatan remaja saat ini. Minimnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan terbatasnya media informasi kesehatan reproduksi remaja pada kelompok remaja menengah usia 16-18 tahun menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media interaktif oleh peer educator terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dalam bentuk penelitian pra eksperimen dengan One Group Pre Test Post Test Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas (SMAN) 99 Jakarta Timur dengan jumlah sampel sebanyak 32 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket berupa angket. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Z-hitung sebesar -2,727 dengan P-Value sebesar 0,003. P0,05 yang artinya ada pengaruh penerapan media interaktif terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media interaktif oleh peer educator berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan pendidikan kesehatan reproduksi remaja

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipmht

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan merupakan jurnal yang berisi tentang artikel ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa serta para ...