Econetica
Vol 4 No 2 (2022): November 2022

STRATEGI PEMASARAN PELAKU USAHA KOPI ARABIKA DALAM PENINGKATAN PENDAPATN MASYARAKAT DI KABUPATEN LOMBOK UTARA

Zaenafi Ariani (Ekonomi Syariah,Fakultas Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Mataram)
Roni Ardiyansah (Ekonomi Syariah,Fakultas Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Mataram)
Rezky Cikal Pratama (Ekonomi Syariah,Fakultas Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Mataram)
Yuli Astriana (Ekonomi Syariah,Fakultas Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Mataram)
Ayuliana Ayuliana (Ekonomi Syariah,Fakultas Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2022

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari Studi Potensi Komoditi Kopi di Kabupaten Lombok Utara adalah menganalisis potensi bisnis komoditas lokal dalam upaya pengembangan ekonomi di Kabupaten Lombok Utara. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Potensi tanaman Kopi Arabika di Kabupaten Lombok Utara terlihat dari banyaknya tamanan tersebut dibudidayakan oleh masyarakat lombok utara. Hanya saja, pengelolaan tanaman Kopi Arabika di Kabupaten Lombok Utara masih dilakukan secara tradisional, meski telah diberikan pendampingan oleh pemerintah daerah; 2) hasil Berdasarkan data pengolahan ditemukan bahwa produk/komoditi kopi adalah komoditas yang layak diinvestasikan, baik oleh masyarakat maupun pemerintah daerah; dan 3) Secara garis besar terdapat 7 aspek pembangunan yang menjadi arah pengembangan produk/komoditi Kopi yang layak investasi di Kabupaten Lombok Utara menurut skala prioritas pada masing-masing kabupaten yakni: (1) produk lokal, (2) pasar, (3) tata niaga, (4) nilai tambah, (5) kemitraan, (6) dukungan pemerintah daerah, dan (7) penerapan teknologi tepat guna

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

econetica

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Econetica merupakan publikasi Ilmiah terkait Sosial, Ekonomi dan Bisnis merupakan hasil kajian pustaka, kajian isu, dan hasil penelitian yang berkembang dimasyarakat. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 2 kali setiap ...