Jurnal Ilmiah Sarasvati : Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 4, No 2 (2022)

IMPLEMENTASI PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING DALAM PEMBELAJARAN BIPA LEVEL 1 MELALUI DARING

Alya Maulidia Zahra (Unknown)
Khaerunnisa Khaerunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

Pembelajaran daring turut mendapat komentar negatif dari masyarakat karena dinilai kurang efektif. Namun, pembelajaran daring juga dapat memudahkan pembelajar BIPA untuk belajar bahasa Indonesia tanpa harus bertemu secara langsung. Pengajar BIPA mampu mengajarkan bahasa Indonesia melalui aplikasi zoom meeting sesuai dengan waktu negara masing-masing. Pengajar BIPA pun mesti menggunakan strategi pembelajaran yang menarik sehingga pembelajar BIPA akan merasa pembelajaran daring sama dengan pembelajaran di kelas. Bahasa Indonesia juga dapat dikatakan sebagai bahasa internasional, karena memiliki penutur asing di berbagai negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi penggunaan bahasa Indonesia bagi penutur asing. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengambilan data triagulasi metode berupa observasi, wawancara, dan kuesioner. Data yang digunakan adalah tiga orang pembelajar BIPA yang berasal dari negara Malaysia dan Afghanistan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia bagi penutur asing cukup baik dan mampu menuturkan ungkapan-ungkapan kata dan frasa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sarasvati

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Ilmiah Sarasvati (SV) awalnya dibuat pada tahun 2019 dengan penerbit Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pada tahun yang sama terdaftar ISSN oleh LIPI dengan nomer ISSN 2685-6808 yang terbit secara cetak dan sudah direview oleh mitra bestari. Pada tahun yang sama ...