Journal of Students‘ Research in Computer Science (JSRCS)
Vol. 3 No. 2 (2022): November 2022

Penentuan Pola Frekuensi Jenis Perawatan Kecantikan Berbasis Web Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Peterson Salon Bekasi)

Herlawati Herlawati (Informatika
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Rahmadya Trias Handayanto (Teknik Komputer
Universitas Islam 45)

Sri Rejeki (Informatika
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Wowon Priatna (Informatika
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Prima Dina Atika (Informatika
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Syahbaniar Rofiah (Teknik Informatika
Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi)

Endang Retnoningsih (Teknik Informatika
Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi)

Faisal Adi Saputra (Informatika
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Galih Apriansha Pradana (Informatika
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Currently, technology can affect services in any field, both in areas such as salon services and sales of clothing products. How to plan a marketing strategy using the web based on service transaction data and products that are most often chosen by customers. Therefore, an information system for determining frequency patterns is needed using the website-based Apriori Algorithm method. The results of research on salons based on the type of beauty treatment obtained for the type of treatment with a minimum confidence = 70%, the first confidence value is 63% if the customer chooses to wash (shampoo), the customer chooses scissors, the second the confidence value is 100%, if the customer chooses to blow then chooses also cut, and the third confidence value is 86% if the customer chooses creambath then the customer chooses to cut too. Meanwhile at the shop clothes determining the frequency pattern of types of clothes with a minimum value of confidence = 70% so that the results include if a customer buys a veil, the customer buys a robe with a confidence value of 71.43% and if a customer buys khimar then the customer will also buy a robe with a confidence value of 78, 57%. With these results salon and clothing store owners can determine marketing strategies by providing the right product and service recommendations to customers. Keywords: Apriori Algorithm, Beauty Care, Recommendations, Sales   Abstrak Saat ini teknologi dapat mempengaruhi pelayanan dalam bidang apapun seperti jasa salon maupun penjualan produk pakaian. Bagaimana merencanakan strategi pemasaran menggunakan web berdasarkan data transaksi layanan dan produk yang paling sering dipilih oleh pelanggan. Oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi penentuan pola frekuensi menggunakan metode Algoritma Apriori berbasis website. Hasil penelitian pada salon berdasarkan jenis perawatan kecantikan diperoleh untuk jenis perawatan dengan minimum confidence=70% yang pertama nilai confidence sebesar 63% jika pelanggan memilih cuci (keramas) maka pelanggan memilih gunting, yang kedua nilai confidence sebesar 100% jika pelanggan memilih blow maka memilih digunting juga, dan yang ketiga nilai confidence 86% jika pelanggan memilih creambath maka pelanggan memilih digunting juga. Sedangkan pada toko pakaian penentuan pola frekuensi jenis baju dengan nilai minimum confidence= 70% sehingga mendapatkan hasil diantaranya jika pelanggan membeli kerudung maka pelanggan membeli gamis dengan nilai confidence sebesar 71,43%  dan  jika  pelanggan  membeli  khimar maka pelanggan juga akan membeli gamis dengan nilai confidence sebesar 78,57%. Dengan hasil tersebut pemilik salon dan toko pakaian dapat menentukan strategi pemasaran dengan memberikan rekomendasi jasa dan produk yang tepat kepada pelanggan. Kata kunci: Algoritma Apriori, Penjualan, Perawatan Kecantikan, Rekomendasi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSRCS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian mahasiswa bidang ilmu komputer bersama dosen pembimbingnya yang bertemakan: Algoritma, Augmented and Virtual Reality, Bahasa Komputasi, Computer Graphics, Game Teknologi, Mobile Computing, Operating Systems, Pengolahan Citra, Robotika, Sistem ...