JUTECH : Journal Education and Technology
Vol 3, No 2 (2022): JUTECH DESEMBER

DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI TERHADAP PENJUALAN BARANG DI TOKO BANGUNAN

Andalas Rivaldi Permana (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Barry Ceasar Octariadi (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Syarifah Putri Agustini Alkadri (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Toko bangunan Jeruju Permai kota Pontianak merupakan salah satu toko bangunan yang menjual bahan dan alat-alat bangunan. Toko Jeruju Permai mendapatkan pasokan bahan dan alat dari suplier (penyedia). Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi inventaris data mining menggunakan algoritma apriori terhadap penjualan barang di toko bangunan Jeruju Permai Pontianak. Pada algoritma apriori menentukan kandidat yang mungkin muncul dengan cara memperhatikan minimum support dan minimum confidence. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan, studi pustaka, identifikasi masalah, pengumpulan dan pengolahan data, perancangan system, implementasi, dan Metode CRISP-DM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan algortima apriori dalam penelitian ini dapat menghasilkan kombinasi item berdasarkan data transaksi dan kemudian dapat membentuk pola pembelian konsumen dari kombinasi item tersebut. Hasil perhitungan algoritma apriori yang dilakukan didapatkan pola pembelian konsumen sebagai berikut; (1) Jika konsumen membeli cat maka akan membeli kayu belian 14cm x 5m dengan support 17.39 % dan confidence 44.44 % ,(2)   Jika konsumen membeli seng keriting, kayu belian 14cm x 5m maka akn membeli pipa paralon Ruchika dengan support 8.7 % dan confidence 40 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jutech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JUTECH : Journal Education and Technology adalah jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian di bidang teknologi pendidikan, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan ...