Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Analisis Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V Dalam Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Di SD Negeri 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2021/2022

Lestari Rohmatilah (Sebelas Maret University)
Muhamad Chamdani (Sebelas Maret University)
Kartika Chrysti Suryandari (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas V SD Negeri 1 Bumirejo dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed methods (penelitian kombinasi) yaitu penelitian yang menggunakan dua metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, tes tertulis, serta wawancara. Analisis data dalam penelitian menggunakan model analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan AKM di SD Negeri 1 Bumirejo sudah terlaksana secara mandiri dengan kategori cukup; (2) hasil kemampuan literasi dan numerasi AKM sebesar 43% dan menunjukkan perbandingan hasil yang signifikan yaitu kemampuan literasi lebih tinggi dibandingan kemampuan numerasi. Hal ini diperoleh dari hasil data kuantitatif yaitu pada hasil tes AKM dengan kemampuan literasi sebesar 59% sedangkan kemampuan numerasi sebesar 41%. Serta didukung hasil data kualitatif dari observasi dan wawancara; (3) terdapat kendala pelaksanaan AKM pada guru, perangkat, dan siswa serta upaya sekolah yang dilakukan dengan latihan rutin, memotivasi, dan kerja sama. Berdasarkan analisis dan hasil diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan literasi dan numerasi AKM kelas V SD Negeri 1 Bumirejo mempunyai hasil kategori cukup dengan terdapat beberapa kendala serta upaya yang sudah dilakukan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...