JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Korelasi antara Kesiapan Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar

Asti Siti Nuraisyah (Universitas Siliwangi)
Suharsono Suharsono (Universitas Siliwangi)
Egi Nuryadin (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kesiapan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA pada mata pelajaran biologi SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel yang dipilih yaitu kelas X MIPA 1 sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar yaitu menggunakan skor Penilaian Akhir Tahun (PAT). Sedangkan untuk mengukur tingkat kesiapan belajar dan displin belajar menggunakan instrumen non-test berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji linearitas, uji multikolinieritas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan kategori kuat. Hasil lainnya yaitu terdapat korelasi antara disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan kategori sedang. Kemudian adanya korelasi antara kesiapan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan kategori kuat serta besarnya kontribusi kesiapan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar 49,6%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...