Bosowa Journal of Education
Vol 3 No 1 (2022): Bosowa Journal of Education, Desember 2022

Analisis Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Dan Bimbingan Guru Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Kapupaten Paniai, Provinsi Papua

Deni Tenouye (Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nabire)
Sundari Hamid (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)
Andi Hamsiah (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi peran pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak usia dini di taman kanak-kanak Kabupaten Paniai Papua dan mendeskripsikan bimbingan guru terhadap perilaku sosial anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Paniai Papua. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex post facto. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas terdiri dari pola asuh orang tua dan bimbingan guru sedangkan variabel terikat terdiri dari perilaku sosial. Populasi penelitian yaitu jumlah keseluruhan. Sampel penelitian adalah berjumlah 21 anak usia dini, Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi peran pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak usia dini di taman kanak-kanak Kabupaten Paniai Papua. Terdapat bimbingan guru terhadap perilaku sosial anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Paniai Papua. The research aims to this study aims to find out how the role of parenting parents contributes to the social behavior of early childhood in Kindergarten in Paniai Regency, Papua. And  describe teacher guidance on early childhood social behavior in Kindergartens, Paniai Regency, Papua. The type of research used is the type of ex post facto research. The variables used in this study consisted of independent variables and dependent variables. The independent variable consists of parenting and teacher guidance, while the variable consists of social behavior. The research population is the total number. The research sample was 21 early childhood. The sampling technique in this study was using the purposive sampling technique. The results showed the contribution of the role of parenting to the social behavior of early childhood in the Kindergarten of Paniai Regency, Papua. There is teacher guidance on the social behavior of early childhood in the Kindergarten of Paniai Regency, Papua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...