Genderang Asa: Journal of Primary Education
Vol. 3 No. 2 (2022): Genderang Asa: Journal of Primary Education

Pengaruh Media Puzzle Picture Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV di MIN 6 Aceh Utara

Mirna (IAIN Lhokseumawe)
Aisyah Ma'awiyah (IAIN Lhokseumawe)
Fauziana (IAIN Lhokseumawe)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MIN 6 Aceh Utara pada pelajaran IPA dikarenakan minimnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran, sehingga perlu adanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, salah satunya adalah media Puzzle Picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Puzzle Picture terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV di MIN 6 Aceh Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 6 Aceh Utara yang berjumlah 75 siswa. Sampel penelitian adalah siswa dari dua kelas yaitu 25 siswa kelas IV-C sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa kelas IV-A sebagai kelas kontrol. Penarikan sampel penelitian menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik tes berbentuk pretest dan posttest, dengan analisis data menggunakan spss 23. Pengujian hipotesis menggunakan uji T. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung = 4,661 > ttabel = 2,011 pada taraf signifikansi 0,05 maka tolak H0 dan terima Ha. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Puzzle Picture terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV di MIN 6 Aceh Utara, karena media Puzzle Picture dapat memberikan dampak yang positif terhadap siswa baik dalam memahami materi, mengasah daya pikir kritis maupun mengajak siswa lebih aktif dan terampil dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi pembelajaran IPA. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Media Puzzle Picture, Pelajaran IPA Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Media Puzzle Picture, Pelajaran IPA

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

genderangasa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Genderang Asa: Journal of Primary Education | ISSN 2774-8235 (print) and 2775-8788 (electronic) is a journal published in the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at the State Islamic Institute of Lhokseumawe. This journal is ...